Oktober 5, 2022
Penipuan Pinjaman Online

LuckyNine Apps – Di era digitalisasi seperti sekarang ini, Anda kerap kali harus waspada terhadap oknum penipuan pinjaman online yang marak terjadi dewasa ini.

Pinjaman online hadir di Indonesia sebagai solusi bagi mereka yang membutuhkan pembiayaan terutama bagi yang memiliki kesulitan akses terhadap perbankan.

Sayangnya, pertumbuhan pinjaman online saat ini juga berlangsung seiring dengan tingginya kasus penipuan pinjaman online.

Sudah banyak modus penipuan yang dilakukan dan dilaporkan telah menjerat banyak korban yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi, agar Sobat Lucky bisa mengenali modus penipuan pinjaman online dan cara pencegahannya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Penipuan Pinjaman Online

Modus Penipuan Pinjaman Online yang Sering Terjadi

Berikut adalah berbagai contoh modus yang kerap kali digunakan oleh para pelaku penipuan.

1. Mengirimkan sejumlah dana ke rekening korban

Pelaku yang merupakan anggota dari pinjaman online ilegal/tidak resmi akan melakukan pengiriman dana yang diklaim sebagai pencairan pinjaman ke rekening yang dimiliki oleh korban.Padahal, korban tidak pernah melakukan pengajuan pinjaman online melalui penyedia pinjaman ilegal tersebut.

Di sisi lain, korban terus didesak untuk melakukan pelunasan pinjaman beserta bunganya oleh pelaku penipuan. Tidak jarang, penipu juga memberikan ancaman berupa teror yang dilakukan ke kontak yang dimiliki oleh korban.

Sudah banyak korban yang terjerat dalam modus ini dan tidak jarang pula, pelaku mengatasnamakan pinjaman online resmi yang telah terdaftar maupun berizin di OJK.

2. Modus penipuan pinjaman online lewat WA

Modus yang satu ini juga kerap kali terjadi mengingat sudah banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan WA sebagai media komunikasi.

Modus penipuan ini dilakukan dengan cara mengirimkan pesan berupa penawaran pinjaman secara online melalui WA.

Umumnya, penipu menawarkan produk pinjaman yang terlihat menggiurkan. Pesan tersebut dikirimkan melalui WA yang ditujukan kepada korbannya dengan menggunakan nomor ponsel pribadi.

Dalam pesan tersebut, biasanya penipu menyertakan suatu tautan yang mengarahkan korban untuk mengajukan pinjaman secara mudah dan instan.

Modus ini biasanya dilakukan oleh pinjaman online yang tidak beroperasi resmi di Indonesia

3. Modus penipuan pinjaman online melalui telepon

Pelaku penipuan pinjaman online juga melancarkan modusnya melalui telepon.

Dalam modus ini, pelaku menawarkan pinjaman kepada korban dengan cara mendesak korban untuk mengajukan pinjaman.

Setelah itu, pelaku akan mengirimkan pesan berisi tautan tidak aman yang meminta informasi data pribadi tanpa adanya syarat dan ketentuan yang bisa dipahami oleh korban.

Dengan modus ini, korban bisa mengalami kerugian berupa kebocoran data pribadi.

4. Modus penyalahgunaan KTP oleh pengguna lain

Modus ini masih berhubungan dengan modus sebelumnya. Jadi, ada kemungkinan besar bahwa pelaku penipuan telah mendapatkan data diri korban untuk mengajukan pinjaman atas nama korban.

Meskipun begitu, pelaku tidak serta merta bisa melancarkan aksi penipuannya karena beberapa aplikasi pinjaman online mengharuskan pengguna untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP pengguna.

Agar bisa melancarkan aksinya, penipu biasanya akan menghubungi korban untuk meminta kode OTP.

Aplikasi Cek Penipuan Pinjaman Online Terakurat

Dari pada Anda repot menggunakan web, lebih baik langsung saja download aplikasi cek rekening penipu di bawah ini.

Unduh Gratis Hanya Di Sini

Untuk mengunduh aplikasi tersebut sangat mudah loh sobat Lucky.

Anda cukup mengunjungi google play store dan mengetik kata kunci “Aplikasi Cek Rekening Penipuan LuckyNine Apps” setelah itu klik instal dan aplikasi akan terunduh secara otomatis.

Disclaimer :

  1. Harap laporkan nomor rekening penipuan pada fitur “Lapor Sekarang” jika Anda pernah mengalami penipuan.
  2. Gunakanlah aplikasi ini sebijak mungkin, dan bantu kami dengan memberikan ulasan yang relevan agar kami dapat terus mengembangkan aplikasi ini.
  3. Bagikan Aplikasi Cek Rekening Penipuan ini kepada teman, rekan, dan sahabat Anda agar semua orang dapat mengetahui apakah nomor rekening tersebut masuk kedalam daftar nomor rekening penipu atau tidak.

So, mulai saat ini jika Anda akan melakukan transaksi keuangan apapun dalam bentuk online, maka cek dulu rekening orang yang dituju.

Selamat bertransaksi online!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.